Minggu, 15 Mei 2011

So(TO)... related ...to KP

tahukah anda....


sudah cukup lama saya di Semarang (baca: plusminus 2 setengah tahun kuliah)
banyak hal yang selalu bikin kangen sama hal-hal yang berbau Kalimantan... walopun saya biasanya pulang tiap akhir semester...

salah satunya adalah kulinernya...

nasi kuning, telor mata gajah, soto banjar....

SOTO!!!

soto mah dimana-mana ada... tapi di sini, yang bertebaran itu cuman soto kudus, soto ayam pak No, soto sapi... -,- dimana soto banjar????

di Semarang, unfortunately... belom pernah nemu (hiks)

tapi ternyataa~

hari ini di Magelang,, setelah jalan2 sama simbah,
turun dari angkot di gapura kampung (seberangan ama kuburan), saya menatap sebuah warung kecil di depan rumah yang kelihatan belum jadi,,,,

bukan warungnya atau rumahnya yang menarik perhatian saya... tapi tulisannya itu loh... 

"SOTO BANJAR khas KAL-TIM"

lah???
ada 2 hal yang menarik di sini...

pertama, akhirnya saya nemu ada yang jualan soto banjar di jawa sini~ aseeekkk

kedua, soto banjar > BANJARmasin itu adanya di Kal- Sel... kenapa tulisannya "KHAS KAL TIM" gitu??? salah redaksi kah??


melihat tampang saya yang mupeng, simbah ngajak saya makan disitu...

well, nothing special at the first...

pertama ada seorang mbak cantik yang melayani... dia lalu sibuk ngeracik soto...
sampai tiba-tiba ada seorang bapak yang keluar dari rumah, (ini rupanya mertua si mbak tadi)

bapak ini lantas menceritakan asal-usul ini warung.... barulah saya paham...

ternyata si bapak adalah seorang pegawai agraria asal Purworejo yang sempat 33 Tahun merantau di Kalimantan Timur...
saking kelamaan, dia dapat istri orang kalimantan, tapi Kalimantan Selatan...

makanya ini soto bumbunya dibuat sama orang Banjar, tapi khas Kalimantan Timur... gitu...

sambil makan soto yang sudah 4 bulan saya kangenin,,, saya mendengarkan obrolan simbah sama si bapak...


lalu entah kenapa tiba-tiba saya nyeletuk,
"Oiya pak, nanti Oktober saya mau ke Kaltim loh... kerja pRaktek..."

"Owh? di BADAK LNG ya?" sahut si Bapak dengan tampang agak shock,,,

"iya..."

"wah.... BAGUS sekali itu... >>>hati saya melambung, sotonya ikut melambung
"..Gaji di sana besar lho dekk ...>>> semakin merasa kuat
"saran saya nanti cari koneksi disana... biar bisa langsung kerja disana ntar,,,>>> mulai deg-deg seerrr (kerja??)
"...gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya...">>>sumpah bapak ini bener-bener menguatkan saya...

simbah tiba-tiba ikut nimbrung lagi disela-sela makan soto...

"...lha iyo mith, nanti disana ada itu loh, anak e Mbah Mur... si Agung... >>>sopo meneh kuwi? (saya gak hapal silsilah keluarga saya sendiri)
" dia kerja di BADAK og... nanti disana bisa ketemu... >>> what the??? ternyata saya punya famili yg kerja di tempat KP saya..... :O


entah kenapa cuma gara-gara makan soto banjar, saya jadi banyak menguak informasi yang tadinya saya ga tau (atau gak mau tau).

sesaat setelah makan, simbah menatap si bapak... lalu bergumam...

"bapak ki sopo ya... rasanya pernah kenal..."

"iya, saya kan yang dulunya ngurusin surat-surat tanah ibu,,,,"

owalaaahhh.... related lagi....

ternyata simbah uda pernah kenal sama si bapak ini,,,
katanya sih dulu simbah itu dengan bodohnya nitipin surat tanahnya ke orang  karena dulu gak ngerti apa2...

untungnya si bapak yang ngurusin surat ini jujur lho,,, kalo gak, bisa dibawa lari itu surat, dijual, n simbah rugi ratusan juta...

ternyata si bapak petugas agraria ini pernah kenal sama simbah dulu...n sekarang, berkat soto banjarnya, saya jadi ada tambahan bayangan n gambaran perihal KP saya di Kaltim yang semakin dekat saja...



rasanya bersyukur sekali hari ini... GOD shows me a litlle way... by an old stori from an old people with "SOTO BANJAR"

semangat KP!!!



red: SOTO BANJAR
sotonya beda, dimakan sama ketupat, kuahnya ngga bening, dicampur perkedel, pokoknya khas banget... I'm Gonna miss it again....

note: jangan sampe disorientasi propinsi yah... remember>>>BANJAR itu adanya di KalSel, bukan Kaltim

Tidak ada komentar: